Pengertian Brainware dan Contohnya, Serta Peranannya dalam Manajemen Informasi Perusahaan
Pengertian Brainware
Apa itu brainware? Pengertian Brainware adalah orang yang menggunakan
atau mengoperasikan sebuah perangkat komputer. Sedangkan beberapa
contoh brainware adalah programer, netter, dan para pengguna komputer
lainnya.
Brainware sering juga disebut sebagai perangkat intelektual yang
memakai dan menjelajahi kemampuan hardware (perangkat keras)
ataupun software (perangkat lunak). Pengguna komputer biasa disebut dengan user, mereka
dibagi menjadi beberapa macam,
Berikut ini adalah contoh brainware:
- Programer: orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemorograman, sering berperan sebagai membuat program yang diperlukan pada sistem komputerisasi.
- Administrator: orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.
- Operator: orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, dan lain-lain.
Dalam sistem komputer, brainware menjadi hal yang sangat penting dan
tidak dipisahkan dari hardware dan software. Mengapa demikian? Hardware
di dalam komputer tidak bisa dijalankan tanpa adanya software,
sedangkan tanpa adanya brainware maka software dan hadware tidak bisa
berjalan.
Jadi, ketiga komponen tersebut saling membutuhkan satu dengan yang
lain.
Baca juga:
Pengertian Brainware dan Perannya dalam Manajemen Informasi Perusahaan
Pengertian brainware dalam dunia komputerisasi dikenal sebagai
seseorang yang terlibat dalam pengoperasian serta pengaturan sistem
yang ada dalam perangkat komputer.
Namun, dalam dunia Bisnis dan pengembangan perusahaan, brainware adalah
seseorang maupun sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual
untuk mengeksplorasi jaringan sistem informasi manajemen.
Secara umum, brainware dalam sistem informasi manajemen bisnis diperlukan untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk
kelangsungan organisasi atau perusahaan dalam hal kompetisi. Hal ini
karena sistem informasi memainkan peranan penting dalam menghadapi
persaingan bebas.
Artikel lain:
Komponen Brainware Bisnis dan Perusahaan
Brainware adalah orang yang memiliki, membangun, mengawasi dan
mengendalikan sistem informasi dalam organisasi atau bisnis. Untuk
mencapai tujuan dalam sebuah bisnis yang diimplementasikan dalam
perusahaan, membutuhkan beberapa komponen berikut ini yang harus ada
sebagai pendukung manajemen sistem informasi guna meningkatkan
kemampuan untuk bersaing dengan kompetitor.
Komponen-komponen brainware yang harus ada dalam perusahaan mencakup:
1. Sistem Analis
Seseorang yang bertanggung jawab terhadap perencanaan dan penelitian di
dalam memilih perangkat lunak beserta dengan kebutuhan yang sesuai
dengan organisasi bisnis atau perusahaan. Seorang analis harus memiliki
keahlian seperti manajerial, teknis, analisis dan interpersonal.
2. Progammer
Seseorang yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menguasai salah
satu atau lebih bahasa pemograman dalam dunia komputerisasi. Progammer
bertugas untuk membuat dan mempersiapkan program-program yang dapat
mendukung sistem komputer yang akan atau telah dirancang. Progammer
penting jika saja terjadi hack terhadap database perusahaan.
3. Administrator
Seseorang yang memiliki tugas dan kemampuan untuk mengelola suatu
sistem operasi beserta program yang dijalankan pada sebuah komputer
maupun jaringan dalam perusahaan. Ada juga yang disebut dengan database
administrator yang bertanggung jawab langsung terhadap sistem database
perusahaan yang tugasnya mengatur, mengelola dan menyimpan sebagai
arsip perusahaan yang tidak boleh hilang.
4. Konsultan
Seorang brainware yang memiliki pengetahuan dibidang komputerisasi
namun biasanya tidak berperan untuk menangani secara langsung, hanya
sebagai penasehat yang handal. Bisnis atau perusahaan memerlukan
komponen ini untuk mencari solusi terkait cara manajemen sistem
informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya data yang tidak
dikelola dengan baik.
5. Project Manajer
Seorang komando atau pemimpin dari suatu project tertentu. Biasanya
juga disebut sebagai mandor. Dalam sebuah bisnis tentu saja ada
beberapa project yang dipimpin oleh seorang project manajer. Komponen
ini penting sebagai bentuk pengendalian dan pengawasan.
Braiware memiliki peranan langsung terhadap keoptimalan dalam hal
manajemen informasi suatu bisnis yang sedang berkembang. Beberapa peran
seorang brainware dalam bisnis antara lain:
- Sebagai unit manajemen terhadap segala hal yang berkaitan dengan database dalam komputer. Perusahaan atau bisnis harus memiliki komponen brainware sebagai sekelompok orang yang akan mengelola manajemen informasi perusahaan.
- Sebagai pengendali dan pengawasan terhadap jaringan komputerisasi di dalam perusahaan. Tidak adanya peran brainware dapat berakibat pada kurangnya pengawasan terhadap database perusahaan dan meningkatkan kemungkinan data diretas oleh kompetitor.
- Seorang pemimpin perusahaan termasuk brainware, yakni sebagai otak atau CPU-nya perusahaan untuk mengendalikan kearah mana perusahaan akan dibawa. Pemimpin yang tidak memiliki kapasitas dibidangnya bisa menyebabkan perusahaan salah arah atau berjalan di tujuan yang menyimpang. Tentu ini akan berakibat buruk bagi kelangsungan perusahaan.
- Komponen brainware terutama manajer perusahaan berpengaruh paling signifikan terhadap pelaksanaan sistem manajemen untuk menghasilkan sistem informasi yang akurat dan berguna bagi kelangsungan perusahaan.
Dalam sebuah perusahaan bisnis yang sedang berkembang, komponen
brainware harus diupayakan untuk dimiliki sebagai langkah untuk menuju
keteraturan sistem informasi manajemen. Sistem informasi yang baik
menghasilkan informasi-informasi yang bermanfaat secara langsung
terhadap perkembangan perusahaan beserta keamanannya.
Sem comentários:
Enviar um comentário